Cara Mudah dan Efektif Mengatasi Kaki Pecah

Cara Mudah dan Efektif Mengatasi Kaki Pecah

Cara Mudah dan Efektif Mengatasi Kaki Pecah-pecah – Setiap orang mampu berisiko memiliki kaki pecah-pecah, karena itu tidak heran jika sering terjadi pada seorang atlet. Akan tetapi lebih kerap timbul pada pengidap diabetes maupun orang yang berusia lanjut. Umumnya kaki pecah-pecah disebabkan oleh lapisan epidermis pada daerah telapak kaki dimana terpengaruh tekanan berlebih, sehingga kulit kaki akan menjadi kering dan pecah.

Menurut dunia medis kaki pecah-pecah dikategorikan akibat kekurangan nutrisi asam lemak omega 3. Maka dari itu, jika dilihat masalah kaki pecah dan tumit yang retak merupakan suatu petanda dari kurangnya perawatan. Hal tersebut menjadikan kaki kering sebab kelenjar minyak menurun atau tidak ada. Mengatasi masalah ini tidak usah bingung, karena ada cara mudah dan efektif dalam menghilangkan kaki pecah-pecah seperti ini.

Cara Efektif Mengatasi Kaki Pecah-pecah

  1. Pisang, Alpukat dan Kelapa

Perpaduan antara pisang, alpukat dan kelapa mampu mengatasi masalah kaki pecah-pecah. Adupan hal ini dikarenakan akibat kandungan vitamin, mineral dan minyak alami yan bermanfaat dalam proses menyembuhkan tumit yang retak-retak. Lakukan pembuatan pasta dari ketiga bahan tadi dengan digiling halus. Kemudian, usapkan ke daerah telapak kaki yang kering. Terapkan menjelang tidur malam dan cucilah keesokan paginya dengan air hangat.

  1. Air Lemon dan Bunga Mawar

Tepat bagi anda jika memilih penyembuhan kaki pecah atau tumit retak dengan menggunakan sari lemon yang dikombinasikan dengan bunga mawar. Untuk pengolahannya yaitu dengan mencampurkannya sedikit garam batu, bunga mawar yang telah direndam, dan air sari dari lemon untuk dimasukkan ke setengah ember air hangat. Gunakan campuran air itu, sebagai rendaman kaki anda selama 15-20 menit sambil menggosok-gosokkan telapak kaki dengan batu apung atau brus kain.

  1. Minyak Zaitun dan Minyak Kelapa

Metode selanjutnya adalah dengan memanfaatkan minyak zaitun dan minyak kelapa yang mana berkhasiat baik dalam mengatasi kaki kering sekaligus retak-retak. Anda cukup menyiapkan kedua minyak tersebut untuk melakukan teknik pemijatan keci atau pelan di daerah telapak kaki kering atau pecah-pecah. Setidaknya harus diterapkan dengan teratur dalam setiap hari selama 15 menit, supaya hasil lebih optimal.

  1. Madu

Madu memang terkenal dalam dunia kesehatan serta kecantikan yang terbilang efektif. Kandungan zat antibakteri di dalam madu mampu melembabkan secara baik, termasuk kulit kaki. Siapkan satu cangkir kecil madu murni dalam setengah ember air hangat, kemudian rendamlah kaki anda ke dalamnya. Diamkan kaki anda dalam rendaman selama 15 hingga 30 menit, agar kulit kaki kering dan pecah-pecah cepat menghilang.

  1. Minyak Wijen

Dengan menerapkan minyak wijen untuk mengatasi kaki pecah-pecah, termasuk cara efektif dalam menghilangkan retakan pada tumit serta telapak kaki. Anda hannya mengoleskan minyak wijen pada daerah yang menjadi masalah akan kaki pecah-pecah. Aplikasikan metode ini sebelum tidur malam untuk dibiarkan semalam penuh. Hal ini bertujuan agar lebih maksimal dalam hasil yang diinginkan.

 

Pengobatan kaki pecah-pecah yang efektif menggunakan bahan alami bisa dilakukan sendiri di kediaman. Anda juga harus melakukan perawatan dari dalam dengan konsumsi kandungan vitamin E. Perlu diketahui, jika telapak kaki anda timbul rasa gatal bahkan nyeri dan pendarahan, segeralah dibawa ke dokter kulit supaya dapat ditangani lebih lanjut.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *