Gangguan Pada Kulit Yang Sering Terjadi Dan Penyebabnya

Gangguan Pada Kulit Yang Sering Terjadi Dan Penyebabnya

Gangguan Pada Kulit Yang Sering Terjadi Dan Penyebabnya – Kulit adalah bagian yang paling besar bagi tubuh manusia. Kulit berfungsi menutupi semua bagian organ tubuh, sehingga penampilan menjadi lebih menarik. Maka dari itu, ketika ada beberapa bagian kulit yang terserang penyakit, bisa saja seseorang menjadi tidak percaya diri. Ada beberapa jenis penyakit kulit yang bisa mudah disembuhkan, tetapi ada beberapa jenis penyakit kulit yang sulit untuk disembuhkan.

Tidak hanya untuk penampilan tapi juga untuk membantu dalam mengatur suhu tubuh tetap normal. Kondisi kulit yang sulit untuk diperkirakan adalah ketika kulit mengalami iritasi dan menyebabkan ruam kemerahan. Maka penting bagi kita untuk mengetahui macam-macam penyakit kulit dan bagaimana cara untuk menyembuhkannya. Berikut beberapa uraian tentang penyakit kulit yang sangat umum.

Gangguan Kulit dan Penyebabnya

  1. Campak

Infeksi yang disebabkan oleh virus yang berkembang dalam sel di daerah tenggorokan dan paru paru. Campak sangat menular dan cepat menyebar melalui media udara ketika penderita rubeola (campak) batuk atau bersin. Bagi orang yang menderita campak akan merasakan demam, hidung berair, batuk, dan ruam-ruam pada kulit sebagai puncak dari penyakit ini. Apabila tidak dirawat dapat menyebabkan komplikasi seperti radang infeksi telinga, pneunomia dan pembengkakan otak.

  1. Herpes

Cold sores atau sering disebut dengan herpes adalah keadaan kulit melepuh berbentuk bulat berisi cairan yang biasanya tumbuh disekitar mulut atau wajah dan bisa saja di tempat lainnya. Terkadang lepuhan juga muncul di hidung, jari sampai dalam mulut, tapi itu jarang terjadi. Biasanya campak disebabkan oleh virus Herpes. Tidak ada pengobatan untuk penyakit ini selain mengobati atau membasmi herpes tersebut. Penyakit ini akan kambuh tanpa tanda-tanda, jadi berhati-hatilah karena cairan didalam cold sore tersebut sangat mudah menular.

  1. Alergi Kulit

Gatal karena alergi adalah perasaan gatal disertai timbulnya benjolan-benjolan kecil pada kulit. Gatal yang disebabkan alergi biasanya berwarna merah dan sakit ketika disentuh, kebanyakan ini disebabkan oleh reaksi terhadap pengobatan dan atau reaksi alergi terhadap benda yang menyebabkan iritasi. Gatal karena alergi biasanya berbeda-beda pada penderitanya, ada yang alergi datang karena debu, matahari, dari makanan pun juga bisa.

  1. Vitiligio

Vitiligo adalah kondisi ketika kita kehilangan pigmen pada kulit. Sering juga disebut dengan pigmentasi, Pigment bertanggung jawab terhadap warna kulit dan diproduksi oleh sel bernama “melanocytes”. Kebanyakan dari orang yang menderita Vitiligo kehilangan pigment kulit dan menimbulkan kulit berwarna putih berbentuk bercak-bercak. Gangguan kulit ini dapat dirawat namun tidak dapat disembuhkan. Anda juga harus benar-benar menjaga ketidak seimbangan pigmen ini selama anda hidup.  Sgangguan kulit ini tidaklah menular dan tidak berbahaya dan tidak menyebabkan rasa sakit.

  1. Kutil

Kutil adalah benjolan pada kulit yang disebabkan oleh Human Papillomavirus (HPV). Kutil bisa menjangkit siapa saja muali dari anak-anak sampai orang dewasa. Kutil bisa tumbuh disembarang tempat, bisa di tangan, di kaki, bahakan bisa saja di wajah. Penyembuhan kutil ini bisa dilakukan dengan secara alami atau obat-obatan yang dijual di apotik. Untuk menghindari penyakit kulit ini maka rajinlah menjaga kebersihan kulit.

Penyakit kulit bisa menjangkit siapa saja dan dimana saja, maka dari itu kita harus benar-benar dapat menjaga kesehatan badan dan lingkungan tempat tinggal kita agar terhindar dari penyakit kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *