Ingin Berlibur Ke Klaten Inilah Destinasi Wisata Alam Klaten Terbaik Yang Wajib Dikunjungi

wisata-klaten

Ingin Berlibur Ke Klaten? Inilah Destinasi Wisata Alam Klaten Terbaik Yang Wajib Dikunjungi

Klaten merupakan salah satu daerah yang berada di Provinsi Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Boyolali di bagian utara, bagian Timur berbatasan dengan Kab Sukoharjo, dan bagian barat dan selatan berbatasan dengan DIY atau Daerah Istimewa Yogyakarta. Salah satu wisata alam Klaten yang sangat terkenal di Indonesia adalah candi hindunya, yaitu kompleks candi Prambanan.

Kabupaten Klaten sendiri selain memiliki wisata alam Candi Prambanan yang sangat terkenal juga masih memiliki segudang wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Jika anda sedang mencari tempat wisata untuk mengisi liburan anda, wisata alam Klaten bisa menjadi tempat yang cocok dan tidak akan mengecewakan.

Berikut adalah 4 wisata alam Klaten terbaik yang wajib dikunjungi bersama keluarga, sahabat, teman, atau pasangan

  1. Umbul ponggok

Umbul ponggok merupakan salah satu wisata alam Klaten yang tepatnya berada di Desa Ponggok, Kec Polanharjo, Kab Klaten. Wisata alam umbul ponggok ini adalah sebuah kolam besar dengan ukuran 6000 meter yang berbentuk persegi. Selain dijadikan sebagai tempat wisata alam Klaten, umbul ponggok juga dimanfaatkan sebagai sumber air karena kondisi airnya yang sangat jernih.

Di umbul ponggok terdapat ikan air tawar dimana dasar dari kolam ini masih berupa pasir, sehingga tempat wisata ini cocok sekali untuk snorkeling karena anda bisa melihat-lihat ikan tawar yang berwarna warni.

  1. Candi sewu

Selain candi Prambanan, di Klaten juga masih terdapat candi Sewu yang termasuk salah satu wisata alam Klaten yang terkenal dengan keunikan dan keindahanya. Lokasi candi Sewu ini terletak di Dukuh Bener, di Desa Bugisan, di Kec Prambanan, dan di Kabupaten Klaten. Uniknya, meskipun candi ini memiliki nama candi sewu, namun jumlah candi tersebut tidak sepenuhnya ada seribu.

Tepatnya, candi sewu ini memiliki 249 buah candi dimana 1 candi utama, candi antara atau 8 candi pengapit, dan masih ada 240 candi perwara. Lokasi candi Sewu ini masih berdekatan dengan candi Prambanan, yaitu hanya berjarak sekitar 800 meter tepatnya disebelah selatan arca atau patung Roro Jongrang.

  1. Pemandian Jolotundo

Wisata alam Klaten yang selanjutnya yaitu pemandian Jolotundo yang terletak di Desa Jambeyan, di Kec Karanganom, dan di Kab Klaten. Pemandian dengan luas sekitar 220 meter ini terdapat 3 kolam dengan kedalaman yang berbeda-beda. Wisata alam ini cocok untuk anda yang senang bermain air, karena di tempat ini anda bisa berenang atau mandi sepuasnya.

  1. Kawasan Janti

Kawasan Janti merupakan salah satu wisata alam Klaten yang juga diminati oleh banyak wisatawan. Tempat wisata ini cocok sekali anda kunjungi jika anda sudah merasa lapar dan lelah. Karena, di wisata ini disediakan kolam pemancingan beserta dengan restonya, jadi anda sudah tidak usah bingung lagi untuk mencari tempat makan. Lokasi ini masih berdekatan dengan umbul ponggok, sehingga akan lebih efesien jika anda mendatangi wisata ini setelah anda menghabiskan waktu di Umbul Ponggok.

Itulah 4 wisata alam Klaten yang sudah terkenal dan wajib dikunjungi jika anda sedang berada di Klaten. 4 wisata alam tersebut sangat cocok dikunjungi bersama teman, atau keluarga yang tentunya akan membuat suasana menjadi lebih menyenangkan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *