Kenali Bahaya Root Android Sebelum Terlambat!

Kenali Bahaya Root Android Sebelum Terlambat

Kenali Bahaya Root Android Sebelum Terlambat!

Bahaya Root Android – Salah satu keunggulan dari sistem operasi android ialah open source. Dalam hal ini setiap pengguna android bisa memodifikasi sesuka mereka mengenai tampilan, fitur, dan aplikasi yang ada pada smartphone android yang mereka miliki. Tentu saja untuk melakukan hal tersebut, pengguna smartphone android harus melakukan suatu kegiatan yang dinamai rooting. Dalam hal ini, root smartphone android memiliki arti pencabutan hak akses dimana pengguna bisa mengontrol sesuka mereka segala perintah yang ada.

Namun perlu disadari, sekalipun kelebihan dari root android ini jumlahnya banyak, kerugian dan bahaya root android juga perlu kamu perhitungkan. Kira-kira seperti apa ya bahaya root android ini? Untuk lebih jelasnya, langsung saja yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini!

3 Bahaya Root Android Yang Wajib Kamu Ketahui

Dibawah ini ada efek negatif yang ditimbulkan akibat melakukan proses rooting android. Adapun ketiga bahaya tersebut diantaranya:

Baterai Cepat Habis

Yak tepat sekali! Salah satu dampak negatif yang ditimbulkan akibat proses rooting android ialah baterai android kamu akan cepat habis. Hal ini bisa terjadi karena sistem android akan bekerja semaksimal mungkin sesuai dengan keinginan penggunanya. Tentunya dalam hal ini pihak pengguna yang melakukan overclocking CPU melebihi batas wajar akan mengalami baterai cepat habis. Jadi untuk menghindari hal tersebut ada baiknya untuk mengoprek android dalam batas wajar.

Virus Mudah Menyerang

Ketika melakukan proses rooting android, secara tidak langsung kita juga membuka yang namanya jendela firewall. Jendela firewall ini memiliki fungsi untuk melindungi smartphone android kita dari serangan virus berbahaya. Nah jika celah ini sudah dibuka, maka bisa dipastikan jika kamu salah langkah, maka virus berhaya bisa masuk dan mematikan seluruh komponen sistem android kamu. Untuk itu jangan lupa memasang aplikasi antivirus android yang sudah diroot ya seperti AVG dan Kaspersky.

Garansi Hangus

Selain kedua hal diatas, ada lagi nih bahaya yang harus pengguna terima ketika mereka melakukan proses rooting. Bahaya tersebut ialah klaim garansi smartphone mereka akan hangus. Dalam hal ini pihak pabrik tidak mau menanggung segala resiko yang ditimbulkan akibat proses rooting tersebut. Namun bagi kamu yang sudah terlanjur melakukan root android, tenang saja! karena kamu masih bisa melakukan proses un-root dengan cara masuk ke SuperUser dan pilih menu Un-root full.

Nah itulah tadi 3 bahaya root android yang wajib kamu ketahui sebelum terlambat. Bagaimana, sangat besar sekali bukan dampak negatif yang ditimbulkan dari proses rooting tersebut? Namun dilain sisi jika kamu bisa memanfaatkan kelebihan root android ini, dijamin smartphone kamu akan menjadi smartphone android yang hebat dan bahkan anti lemot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *