Pantai Klayar, Pantai Terbaik Di Pacitan

Pantai Klayar di Pacitan

Di pantai Klayar Pacitan memang sangat menggoda untuk berenang, apalagi pantainya sangat indah. Tetapi, jika Anda masih sayang nyawa, lebih baik mengurungkan niat untuk berenang di lokasi ini. Penyebabnya adalah ombaknya yang sangat besar, bisa-bisa Anda terseret ke tengah laut. Memang di sini ada larangan berenang. Oleh karena itu untuk menikmati pantai Anda bisa menikmati pemandangan yang ada, pemandangan laut, tebing, pohon kelapa, deburan ombak, dan sunset. Mari baca selengkapnya.

Lokasi tak mudah dijangkau

Ini hanya untuk informasi, jika Anda hendak berkunjung ke pantai Klayar Pacitan, pastikan Anda mengajak seseorang yang ahli mengemudi. Sebab aksesnya masih sangat sulit dan berbahaya. Berdasarkan komentar salah satu wisatawan menyebutkan saat hendak ke lokasi ini menggunakan mobil, setiap kali berpapasan dengan mobil dari arah berlawanan harus berhenti. Selain berhenti harus ekstra hati-hati, sebab sisi kiri dan kanan adalah jurang. Salah-salah bisa masuk ke jurang. Apalagi saat kondisi macet, saat musim liburan, akan cukup merepotkan. Semoga ke depannya dinas pariwisata Pacitan sudah melakukan sesuatu untuk akses menuju pantai yang indah ini. Jadi memang untuk ke pantai ini tidak hanya semangat saja, melainkan juga dibutuhkan perjuangan.

Lokasi pantai: Kab. Pacitan, Jawa Timur

Ingin menikmati keindahan pantai dengan lebih nyaman..? Solusinya adalah berkunjung ke Klayar Pacitan bukan pada hari libur. Karena pantai ini selain aksesnya sulit juga belum diketahui banyak orang, sehingga pada hari biasa agak sepi pengunjung, berbeda dibandingkan pantai lain yang sudah terkenal. Saat hari biasa, Anda akan bertemu lebih sering dengan nelayan setempat dibandingkan wisatawan.

Air deresan

Ada pemandangan yang menarik untuk dilihat di sini, bukan pemandangan alam, melainkan aktivitas warga. Anda bisa menyaksikan kala warga lokal mengambil air deresan dengan memanjat pohon kelapa. Mungkin ini kali pertama Anda membaca tentang “Air deresan”. Air deresan ini merupakan bahan baku pembuatan gula Jawa. Mungkin Anda lebih familiar dengan legen, yap, minuman ini bisa Anda nikmati di pantai Klayar. Legen ini enak disantap bersama gorengan, jadi jangan lupa membawa bekal gorengan dari rumah.

Tebing karang

Walaupun tak bisa berenang, Anda tetap bisa menaiki tebing karang yang bersatu dengan pantai. Ketinggian tebing mencapai 50 M. Mungkin ke depannya entahlah apakah tebing karang ini akan tetap ada atau tidak, karena setiap detiknya tebing tersebut selalu “Dihajar” oleh ombak yang sangat keras.

Air mancur alami

Yang cukup menarik, pemandangan lainnya, yakni air mancur alami yang dihasilkan karena terjangan ombak ke bebatuan karang. Air laut akan menyembur ke arah atas melewati batu karang, sehingga tampak seperti air mancur. Ketinggian semburan air bisa mencapai 10 M. Banyak wisatawan yang mengambil foto air mancur alami ini. Selain itu, Anda harus berhati-hati berjalan di sekitar air mancur alami tersebut, karena batu karang di atas yang terkena air laut cukup licin, jangan sampai terpleset di batu karang.

Harga tiket masuk

Untuk tarif masuk pantai Klayar ini, HTM nya Rp 3.000,00 per kepala. Sementara jika hendak mendaki bukit, maka akan dikenakan tiket lagi seharga Rp 2.000,00 per kepala. Sepertinya harganya masih murah untuk panorama yang ditawarkan pantai ini. Sekian artikel tentang pantai Klayar Pacitan, walau tak boleh berenang tapi keindahan pantainya tiada duanya, selamat berlibur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *